Gojek, An Ojek for Every Need

IMG_20150627_151302
An ojek for every need

Ada yang belum pernah naik gojek? Penasaran, tapi ragu?

Well, saya mau berbagi sedikit pengalaman beberapa kali naik gojek.

Waktu itu menjelang ramadhan saya tau gojek karena lagi ada promo #cebanramadhan. Ke semua destinasi dengan jarak maksimal 25km cuma dikenakan tarif Rp 10.000 alias ceban.

Saya yang kurang paham daerah jakarta dan kebetulan mau ada acara, lebih memilih naik gojek ketimbang naik angkutan umum lainnya. Karena tinggal order, masukkan tempat asal dan destinasi, maka meluncurlah driver gojeknya menjemput saya dan mengantarkan ke tempat tujuan.

Bayarnya cuma ceban!

Serius deh.

Selain promo #cebanramadhan, untuk yang baru pertama kali pakai aplikasi ini, bisa masukkan kode referral dari teman yang sebelumnya sudah pakai gojek, nanti credits sebesar Rp 50.000 akan otomatis masuk ke wallet gojek kita. Nah, pas kita order pertama kali, teman kita yang tadi kita paki kodenya akan mendapat credits itu juga. Enak, kan?

Credits tersebut bisa kita pakai buat semua servisnya, lho! Jadi, kalau kita naik gojek, gak perlu lagi bayar cash. Credits kita otomtis terpotong. Kalo dihitung-hitung, jadinya kita gratis, kan?

FYI, gojek ini sudah berbentuk perusahaan resmi berbasis sosial. Jadi gak perlu khawatir dan ragu untuk menggunakan jasanya. Katanya, pendiri gojek ini masih muda, lho! Lulusan amrik. Heu heu.

Oh, iya, saya pernah beberapa kali ngobrol sama driver gojeknya, saya penasaran tentang before-after kehidupan mereka dengan gojek, dan alhamdulillah semuanya merasa kehidupan jadi lebih baik setelah bergabung dengan gojek. Perekonomian mereka juga lebih meningkat dibanding dulu mereka ngojek sendiri. “Kalo ngojek sendiri, kelamaan mangkalnya, Mbak. Kalo di gojek, bisa sambil santai di rumah,” gitu kira-kira kata salah satu driver yang saya tanya.

Gojek digunakan melalui aplikasi yang bisa didownload di appstore/playstore. Order dari customer akan disampaikan melalui sistem ke semua driver yang juga menggunakan smartphone yang sudah terhubung dengan sistem itu. Nanti si driver tinggal pilih, mau ambil customer yang mana. Kalo mereka lagi gak mau ngojek, ya gak usah diambil. Biasanya mereka punya target, kalo bisa dapet customer lebih dari sepuluh, ada bonus dari perusahaan. Tapi kalo mau lebih dari sepuluh pun bisa. Asalkan mereka mau.

Istilahnya, rejeki mereka ditentuin oleh mereka sendiri.

Untuk jam kerja dan hari libur, gak ditentuin dari perusahaan. Driver bebas menentukan sendiri kapan mereka mau mulai kerja, kapan mereka mau istirahat, atau kapan mereka mau libur. Perusahaan cuma jadi perantara antar driver dan penumpang.

“Dengan adanya gojek, status para tukang ojek jadi lebih meningkat, Mbak,” kata seorang driver waktu lagi ceritain pengalaman dia setelah gabung dengan gojek.

Mereka jadi lebih dipercaya oleh penumpang, karena memang sudah terjamin dari perusahaan. Kemanan dan kenyamanan gojek pun disediakan dari perusahaan. Driver gojek adalah orang-orang pilihan yang sudah diseleksi sebelumnya, juga masker dan penutup kepala yang diberikan secara cuma-cuma sebagai penunjang kebutuhan penumpang. Satu minggu sekali, para driver akan ditraining tentang banyak hal yang diperlukan untuk meningkatkan pelayanannya. Keramahan mereka juga saya acungi jempol!

Gojek sudah menjangkau wilayah Jabodetabek, dan persebarannya sangat luas sehingga penumpang tidak akan menunggu terlalu lama untuk dijemput. Tapi di balik itu semua, tetap ada pihak lain yang kurang menyukai kehadiran gojek ini. Persaingan menjadi dalih. Ojek yang biasa ada di pangkalan merasa kehadiran gojek di lingkungan mereka mengurangi pendapatan mereka. Tak sedikit juga driver gojek yang pernah mendapat perlakuan kasar dari tukang ojek pangkalan.

Wah, dunia makin kejam, ya.

Padahal kalo mereka mau bicara baik-baik, pasti mereka akan berbonding-bondong mau join ke gojek. Tapi, ya sudahlah….

Semoga para driver gojek bisa diberi ketabahan dan kelancaran dalam mencari rejekinya.

ps: promo #cebanramadhan diperpanjang sampai 17 juli 2015. Buruan download aplikasi gojek, terus masukin kode refferal ini 542827384 biar dapet credits Rp 50.000!

One thought

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *